Monday, June 8, 2009

gw lagi senengg

yup. sebelumnya gue jelasin, gw belum ngelanjutin cerpen. Soalnya, gw paling males nulis cerpen siang siang. Mu ampe 2 jam gw kicep di komputer juga, tu cerpen ga bakal jadi. Gimana yaaa,, kurang dapet feel nya gitu.

Oke. gue mulai bercerita. Seorang teman gue yang ketagihan dalam membuat film, minta gw untuk jadi script maker lagi. Walaupun beda kelas, gw sama dia masih deket. Dia juga bilang, dia bikin film cuma buat iseng iseng aja ngisi liburan.
Yup. Lu tau reaksi gue ?? seneng banget buuu.
Gue mulai dalam 1 minggu pertama sebelum UB. Dan lu tau ?? jadi setengahnya aja belum.
Ya, cerita dikit, supaya orang orang tau, bikin script itu ngga semudah bikin cerpen. Buat gw, bikin script itu mesti nyeimbangin dialog semua orang, biar ga ada yang ga dapet peran.
Sama banget ceritanya pas gue dapet kewajiban nulis script buat kelompok gue.
Di saat yang lain belum kepikiran sama sekali buat bikin script, script malah udah GUE BIKIN JADI. Tapi lu tau apa ???!!! Ngga ada yang bilang MAKASIH SEDIKITPUN. Terkecuali buat temen temen deket gue doang.
Dan LO TAU APA ??!!!!!!!!!!
Ada yang protes, komplein pas brifing pertama. "Kok ini latar tempat nya susah banget sih ?"
Gila,, rasanya kaya di lempar sepatu dalam radius 1 meter doang. Eh HALOOOW ?? G a ada yang maksa lo buat make SCRIPT yang gue bikin. Kalo emang lo ga mau make, ya udah.. GUE GA MAKSA.
Maaf yah, gue jadi cerita panjang lebar. Gue cuma merasa sedikt tidak di anggap sama sekali menjadi seorang scriptmaker. Hahahahah
Karena yang gue tau, scriptmaker di 3 kelompok lain, menjadi orang yang paling hangat di butuhkan. Tidak seperti gue. Bahkan sepertinya mereka (kecuali sahabat deket gue) mereka lupa kalo scriptmaker nya tu gue.

Oke. Disini gue bukan orang yang gila pujian. Bukan orang yang pengen banget di perhatiin, karena GUE CUMAN SCRIPTMAKER. (tapi, seandainya ga ada gue, apa bakal tu jadi FILM nya ??)
Gue cuman pengen setiap orang tu merasa semuanya udah punya andil yang besar untuk film ini. Gue ngga pengen ada orang yang ngerasa perannya lebih besar.
Saat ada orang yang menyalahkan gue, bahwa semua berawal dari script yang terlalu berat, gue nanya sama mereka. "lo pernah ngga sih ada yang mikir, nanya kek gitu,, berapa lama gue bikin ini scrip ??!! untuk ukuran script 12 halaman, bukan pekerjaan gampang. Untuk nyesuain supaya 10 orang dapet peran semua itu, bukan pekerjaan mudah. Apalgi gue mesti ngerombak sebuah cerpen jadi script kayak gini. Pernah ga ada yang nya, berapa malam liburan yang gue pake untuk begadang ?>?!!!! heyy,, gue juga cape. Di saat semua anggota belum ada yang kepikiran buat bikin script, gue sedang bergulat sama imajinasi gue, untuk nyelesein sebuah script..Lo denger itu ?? semua orang cape disini.."

Di saat semua orang beum ada yang kepikiran untuk buat script, gue sedang bergulat sama imajinasi gue untuk nulis script. Paling cepet sampe jam 1 malem. Karena di waktu waktu itu gue dapet ketenangan. OKE. Di sini gue ngga pengen di hargain BERLEBIHAN. Gue hanya ingin ada orang yang menegetahui peran serta gue. Bahkan waktu gue nawari script gue, ada yg cuma bilang, "ya udah, pake itu aja" kata orang itu dengan kejamnya. Malahan yang nyebelin, beberapa anak ga mau baca scriptnya sampe selesai. :padahal cuma BACA, Gue yang stengah mate bikin tu script:.

Oke. 4 orang sahabat gue yang ngucapin terimakasih udah cukup menghibur.
Sampe akhirnya proses itu berjalanlancar dan sesuatu yang di bilang 'tragedi' muncul.
Di situ semua orang benar2 melupakan ANDIL ORANG LAIN, dan merasa, hanya dia yang menyelesaikan film yang beranggotakan sepuluh orang itu.. Semua sibuk menjual apa yang udah mereka lakukan. Tanpa berfikir bahwa kerjasama yang uda kita lakuin sampe sejauh ini, itu bukan proses yang mudah.
Gue tegaskan sekali lagi. GUE BUKAN INGIN PENGHARGAAN BERLEBIHAN. GUE HANYA INGIN DI ANGGAP. GUE HANYA INGIN semua kembali baik. GUE HANYA INGIN SEMUA SELESIA DENGAN BAIK. DAN KITA KEMBALI TERTAWA SAAT FILNYA SELESAI. GUE CUMAN PENGEN SEMAUANYA MERASA MEBUTUHKAN, DAN DI BUTUHKAN.

Tapi ya udahlah, orang2 yang merasa paling penting, udah menghancurkan semuanya. Film itu emang selsesai. Tapi di baluti sama emosi dan pertengkaran.
Bukan pengalaman yang menyenangkan sih, tapi cukup memberi pelajaran
"kalo dalam satu kelompok, bener kata sobat gue, jangan pernah ada yang ngerasa kalo dirinya paling BERPERAN. karena kita satu kelompok, ya perannya sama aja. Dalam satu kelompok, jangan mikirin urusan pribadi, dan kalo ada yang salah, omongin yang bener, jangan di BELAKANG. karena, coba deh pikir, kalo lo ngomong di belakang, bisa jadi tu orang yang lo omongin ga tau. GIMANA JUGA DIA BISA NGERUBAH SIKAPNYA."

Dan gue juga ngiri sama salah satu kelompok. Kelompok ini sendiri yang cerita sama gue, kalo di antara mereka, mereka semua ngerasa ngga bisa semua. Jadi mereka saling membutuhkan. Mereka berjalan beriringan. Ga ada yang NGATUR ga ada juga yang DI ATUR. Semua berhak MENGATUR. Dan semua harus DIATUR. Ga ada yang DOMINAN, dan ga ada yang TENGGELAM.

Dan lu tau, mereka mulus bisa nyelesain filmnya, dengan jalan kaya jalan tol. Dengan senyum yang mereka pasang di akhir film. Yah. Sebuah akhir yang bahagia.

Balik, ke cerita awal. Mungkin dalam 3 minggu ke depan script baru gue bakal kelar dan bisa langsung di film kan. Temen gue mempercayakan sama gue sepenuhnya, dalam PEMILIHAN LAGU, dan bcaksound. Sesuatu yang NGGA GUE DAPETIN dulu. Bahkan untuk backsound yang paling gue inginin. Apa salah gue naro backsound gue, sesuai imajinasi gue ? apa salah gue pengen film itu jadi sesuai pikiran gue pas nulis it. Tapi ya udah lah, toh UDAH BERAKHIR. buat gue sih udah, tapi ngga tau deh sama YANG LAIN..hhhehe peace woii, dunia lebih indah TANPA PERSELISIHAN :D
Mereka juga minta di jelasin untuk tiap scene yang nati gue bikin. Biar berjalan sesuai imajinasi gue. Biar ngga da ynag sok tau, padahal ngga tau.. hhhehe

Ya.. intinya, gue harap film yang ini berakhir bahagia. Walaupun gue hanya scriptmaker. Gue sudah BAHAGIA. karena gue dia anggap.. hahahhahah
dan mereka juga tidak lupa mengucapkan terimakasih. Mereka juga setuju sama pemilihan latar yang gue pake. Mreka nyerahin semuanya sama gue. DAN finaly,, gue SENENG ABISSS"

No comments:

Post a Comment