Thursday, September 17, 2009

Malaikat Tak bersayap (part II)

@ @ @

Lab Biologi sudah terlihat mulai sepi. Hanya ada aku dan Daniel, teman 1 kelompokku yang sedang sibuk merapikan sisa sisa alat praktikum. Aku meraih sebuah tabung reaksi. Tapi aku langsung terperanjat saat menyadari tangan kiri ku tidak bisa menggenggam tabung itu. “Kenapa nih?? Kok semua sendi gue jadi lemes gini ??” kata ku. Aku menaruh tabung reaksi itu dan mulai berpegangan pada meja karena aku merasa akan ada sesuatu yang buruk yang akan terjadi sebentar lagi. Aku mencoba untuk tenang dan berjalan ke arah pintu. Tapi saat aku berjalan aku merasakan kaki ku bergemetar hebat lalu semenit kemudian aku terjatuh. Daniel yang melihatku segera menghampiriku. “Net.. loe ngga apa apa kan ??” tanyanya. “Engga ko..tadi kesandung aja” jawabku berbohong. Aku memang tak ingin ada seorangpun teman ku yang mengetahui tentang penyakit ini. Daniel membantuku berdiri. Dengan menumpu pada bahu Daniel, aku berhasil berdiri, tapi tiba tiba aku merasakan serangan hebat di kepalaku. Rasa pusing itu tiba tiba saja datang dan akhirnya berhasil membuatku jatuh pingsan.
Aku membuka mata ku perlahan. Dan saat aku tersadar, aku sudah berada di ruangan di sebuah Rumah Sakit. “Hhh.. akhirnya kamu sadar juga.. Kamu udah buat Bunda cemas tau ngga??..” ucap Bunda sambil mengelus kepalaku lembut. “Arnet…Arnet.. cinta banget sih kamu sama rumah sakit ini?? Perasaan baru 2 minggu kemaren kamu di rawat,, udah masuk lagi..” canda kak Wasta, kakak pertamaku. Dia selengek’an, playboy, dan usil sekali. Sifatnya memang agak berbeda dengan saudara kembarnya, kak Rasta, kakak kedua ku. Kak Rasta lebih cenderung kalem, pendiam, dan agak tertutup pada orang yang tidak dekat dengannya. ( Apa kalau anak kembar itu, sifatnya harus selalu bertolak belakang 180 derajat ya?? ). Meskipun begitu, tetap saja aku masih sulit membedakan mereka walaupun umur kami hanya terpaut 2 tahun.
Aku hanya tersenyum kecut mendengar ledekan ka’ Wasta. Lalu lebih memilih untuk tidur. Lagipula sekarang, sudah terlalu siang untuk membuat sketsa sketsa baju di taman.
Pagi ini, terapi sudah selesai dari 1 jam yang lalu. Tapi, aku belum menemukan kegiatan yang bagus untuk aku lakukan. Aku melirik jam tangan biru ku, “jam 10 lewat 15.., pasti Radit udah ada di taman deh…” ujarku pelan. Lalu aku memutuskan untuk bangkit dari tempat tidur, dan bergerak menuju taman. Hari ini aku merasa tidak memerlukan kursi roda. Aku masih sanggup berjalan, pikirku.
Tapi aku tertegun saat melihat taman sedikit sepi. Hanya ada bebrapa lansia dan anak anak kecil di sana. Aku tak menemukan Radit. Tepian kolam juga terlihat lengang. “Radit kemana ya?? Kok ngga ada??” tanyaku dalam hati. Tapi sudah terlanjur di taman. Kenapa aku tidak sekalian menikmati kesejukkan pagi ini saja ??. Ide yang bagus. Segera saja aku mencari tempat yang PeWe untuk memulai kegiatanku. Tapi baru saja aku duduk, aku melihat wanita yang kemarin mendorong kursi roda Radit berjalan ke arah tepian kolam bersama seorang suster. “Duuh.. kemana lagi si tuh anak. Setiap mau terapy jalan pasti main kabur kaburan kaya gini.. kan kasihan dokternya nunggu dia.. apa tuh anak ngga pengen sembuh ?? Hhh.. Radit.. Radit.. kenapa sih kamu jadi kayak gini..” ucapnya terdengar sampai ke telingaku. Aku yang kurang mengerti dengan pembicaraan mereka, berhenti memperhatikan mereka dan lebih memilih konsen dengan buku sketsa yang aku pegang sekarang.
Aku mulai membuka halaman baru di buku sketsa ku dan mulai menuangkan ide ide yang sudah sejak kemarin bergelayutan di otakku. Tapi baru 15 menitan aku memulainya, seorang anak kecil berusia 5 tahunan berteriak kepada ku. “Kak.. bisa tolong ambilin bola ku ngga ?? lempar aja ke sini… pliez dong…” ujarnya memohon. Aku hanya tersenyum dan menaruh buku sketsa ku di bangku taman. Lalu berjalan ke arah semak semak, tempat di mana bola itu terlempar. “Duh.. kok ga ada ya ??”. Aku sibuk mencari sehingga aku tak sadar sudah masuk kedalam semak cukup dalam. “Itu dia..” pekik ku. Aku segera ke luar dari semak entah dari arah mana. Yang jelas, aku harus secepatnya keluar, karena kalau sampai beberapa menit lagi aku tidak keluar dari tempat gelap ini, badanku bisa gatal gatal. Tapi.. “Auww..” kepalaku terbentur sesuatu saat muncul keluar.
“Radit ??” tanyaku spontan saja saat melihat cowok yang dari tadi ingin sekali kutemui. Cowok itu sedikit kaget dan membantuku berdiri.
“Nagapain sih lo di dalem sana ?? sejak kapan ada sesuatu yang bagus di dalam semak semak ??”
“Oh.. engh..emh.. itu.. tadi..ah.. udah lah lupain ajah.. susah ngejelasin nya..”
“Yah.. terserah loe lah. Bukan urusan gue juga..” jawabnya kembali terdengar dingin.
“Eh.. Dit.. Tadi gue liat nyokap loe sibuk nyari loe tuh..”
“Bukan urusan loe..”
“Emang sih.. bukan urusan gue, tapi kalo loe ilang terus ada polisi yang dateng ke sini, dan introgasi semua orang yang ada di Rumah Sakit ini termasuk gue..dan..”
“Stop.. stop .. apaan sih loe ?? imajinasi loe tinggi banget sih. Pusing gue dengernya..”
“Hhha.. ”
“Apanya yang lucu ??!”
“Loe mungkin orang ke seribu yang bilang imajinasi gue tinggi banget..”
“Dasar.. cewek aneh..”
“Eh.. sana gih.. terapy. Kasian tau nyokap loe panik nyariin..”
“Udah gue bilang bukan urusan loe kan??!”
“Ouh.. gue tau. Loe takut yah di terapy ??! Hhaha.. badan doang yang gede. Di terapy gitu aja langsung maen umpet umpetan kayak gini.. Payah..”
“Sok tau.. gue ngga pernah takut. Apa lagi cuman sama terapy kayak ginian. Gue cuma mikir aja, buat apa gue terapy ?! gue tuh ngga akan bisa jalan lagi.. Buang buang waktu doang. Lagi pula, ini semua tuh pantes buat gue.. mungkin ini balesan dari Tuhan.. Karena.. Karena.. ah.. ngapain gue certain ini ke loe ??! loe ngga bakal pernah ngerti !!”
“Ye.. loe sendiri yang mulai.. nih ya gue kasih tau, kalo ngga mau cerita, ngga usah sekalian. Jangan sepotong sepotong kayak gini.. Bikin orang penasaran aja..”
“Udah lah.. percuma.. loe ngga akan ngerti. Cuman orang yang punya penyakit kayak gue gini yang baru bisa ngerti. Jadi,” omongan Radit terhenti saat ka’ Rasta datang menghampiri ku dan mengajakku kembali ke kamar. “Uuuh.. dasar. Udah kakak cariin kemana mana, ngga taunya di sini.. udah siang.. Balik ke kamar yuk. Dari pagi kan kamu kan belum makan..”katanya sambil meraih tanganku. Aku hanya mengangguk dan menyudahi pembicaraan ku dengan Radit.

@ @ @

“Dit..Dit.. kamu tuh mau sampe kapan sih begini ?? kapan kamu bisa sembuh kalo kayak gini terus. Kamu ngga pengen apa, cepet cepet balik ke sekolah ?? kamu ngga pengen apa cepet cepet ketemu sama temen temen kamu ?? Radit.. om Richard kasih tau ke kamu yah.. kematian Syta itu bukan karena kesalahan kamu..Lagipu..” ucapan Dokter Richard terhenti saat tiba tiba Radit memotong pembicaraannya. Ternyata dokter Rhicard itu adalah om nya Radit.
“Cukup om.. cukup. Jangan sebut sebut nama dia lagi. Aku kan udah sering bilang, kalo nyebut nama dia sama aja bikin ingatan ku tentang kecelakaan itu terus terusan ke ulang..”
“Om tau Dit.. tapi pengecut rasanya kalo cuman gara gara hal itu, kamu ngga pernah mau terapy lagi.. Om cuman jadi inget aja sama seorang pasien om. Usianya ngga beda jauh sama kamu. Mungkin hanya beda 1 sampai 2 tahun lebih muda dari kamu. Cuman, dia perempuan. Badannya emang jauh lebih kecil dari kamu. Tapi semangatnya itu loh,, yang bikin om ngacungin 2 jempol.. bahkan 10 jempol kalo om punya.. ”
“Segitu nya kah ??! Om Richard kan biasanya suka ngelebih lebihin..”
“Mungkin kalo kamu cuma denger dari om, kamu ngga akan percaya. Tapi kalo kamu ketemu langsung.. kamu mungkin bisa lebih kagum daripada om…”
“Yakin banget sih..”
“Dit.. para dokter termasuk om udah memvonis dia terserang penyakit syaraf sejak 2 tahun lalu.. penyakit yang sangat parah bahkan untuk remaja seusia dia.. penyakitnya ngga akan bisa di sembuhkan. Walaupun dia ikut terapy beberapa ratus kali sekalipun. Terapy di Rumah Sakit ini hanya untuk menghambat laju kerusakan syaraf di tubuhnya.. tapi om belum pernah liat dia putus asa, apalagi menangis. Mungkin, dia nangis cuma gara gara terapy yang kadang kadang bikin dia kesiksa..Para dokter termasuk om betul betul kagum sama dia. Mungkin, kalo kami ngga tau secara langsung, dia mengidap penyakit seganas itu, kami pun ngga akan percaya, gadis seceria dia menyimpan penyakit yang udah ngga bisa di sembuhin lagi..”
Radit masih terlihat acuh tak acuh. Dia menganggap, kali ini om nya lagi lagi berbohong. Hatinya masih terlalu beku untuk semua perkataan om nya. “Oh ya ??” tanyanya sinis.
“Terserah kalo kamu ngga percaya. Ngga ada ruginya buat om.. Tapi, kalo kamu mau cari tau, nama cewek itu Arneta. Dia di rawat di kamar 202 di Ruang Teratai..”
Kali ini Radit tertegun. Bahkan dia masih terlalu sulit mempercayai telinganya sendiri yang beberapa detik lalu mendengar nama Arneta. Kepalanya masih sibuk berpikir. Apakah Arneta yang di maksud om Rhicard adalah gadis yang beberapa hari ini tak henti mendekatinya. Tapi, yang namanya Arneta kan ngga mungkin cuma satu, begitu pikirnya.
“Ya sudah.. kalo kamu masih susah percaya. Om mesti balik lagi ke ruangan. Jam setengah 4 mau ada rapat. Inget jangan bikin mama mu susah lagi. Kasian.. dia repot banget ngurusin kamu. Sama aja kayak ngurusin balita umur 3 tahun..” canda dokter tampan itu. Radit hanya tersenyum. Bibirnya masih terlalu kaku untuk tertawa sejak
beberapa bulan lalu.

@ @ @

Radit menggerakkan kursi rodanya ke arah taman. Entah kenapa semenjak kecelakaan itu terjadi, dan semenjak dokter memvonis dia tak akan bisa lagi berjalan untuk waktu yang lama, dia sangat menyukai tempat ini. Begitu tenang. Tapi tangannya tiba tiba berhenti memutar roda, dan kursi roda itupun otomatis berhenti berjalan. Itu semua terjadi karena cowok itu melihat sebuah buku sketsa lengkap dengan pensilnya yang ada di atas bangku taman. Radit mendekatinya dan meraih buku itu. Rasa penasaran membuatnya mebalik lembar demi lembar dalam buku itu dan melihat berbagai macam rancangan model baju yang menurutnya cukup keren. “Punya siapa nih??” tanyanya pelan. Tapi, tangannya terhenti pada lembar terakhir. Pada lembar itu ada sebuah sketsa baju yang belum terselesaikan, dan di bawahnya ada sebuah nama, lengkap beserta tanda tangannya. Lebih teliti Radit melihat nama itu dan.. “A r n e t a .A”…. “jadi ini punya cewek aneh itu..” katanya lagi.
Radit menunggu cewek itu berjam jam. Tapi sepertinya hari ini cewek itu tak akan datang. Baru kali ini dia begitu berharap. Apalagi untuk kedatangan seorang cewek. Akhirnya dia memilih untuk kembali ke kamar.

@ @ @

Esoknya pagi pagi sekali Radit memutuskan untuk berjalan jalan di taman. Tapi, di tengah perjalanannya, dia melihat Arneta dari kejauhan. “Akhirnya.. gue bisa balikin buku ini ju..”kata kata Radit terhenti saat menyadari bahwa Arneta keluar dari kamar 202. Ternyata memang betul, Arneta atau gadis yang om Rhicard maksud itu sama dengan cewek yang sudah beberapa hari ini mengganggunya. “Ngga mungkin… jadi ternyata.. dia..dia yang kena penyakit mematikan itu ??” lanjutnya lagi. Radit pun mengurungkan niatnya untuk mengembalikan buku itu. “Gue bakal balikin buku ini besok..” lanjutnya lagi.

@ @ @

No comments:

Post a Comment